Tips Membeli Laptop Gaming

 Sumber: Unsplash

Laptop menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki untuk menjalani aktivitas. Mulai dari anak sekolah untuk keperluan belajar, hingga orang dewasa untuk memenuhi keperluan kerja atau bisnis.

Termasuk para gamer, juga butuh perangkat laptop agar dapat bermain game. Jika dulu mereka biasanya menggunakan komputer/pc, kini banyak yang beralih ke laptop. Apalagi saati ini laptop keluaran terbaru memiliki spek tinggi.

Bermain game di laptop, apalagi kalau game yang dimainkan itu tergolong game berat dan memiliki grafik tinggi, tentu saja yang dibutuhkan adalah laptop dengan kualitas terbaik, atau sering disebut laptop spek dewa.

Pemakaian laptop yang dibutuhkan hanya untuk microsoft word, browsing, dan menonton youtube, cukup yang kita butuhkan laptop biasa dengan spek rendah.

Namun beda cerita kalau pemakaian laptop untuk game berat dan HD seperti genshin impact, Hitman, dan Death Stranding tentu penting untuk memliki laptop spek dewa.

Cara Memilih Laptop Khusus Game

Seperti penjelasan diatas, game berat dan berukuran besar mesti dimainkan dengan menggunakan laptop berspesifikasi tinggi. Karena kalau enggak, saat bermain game bakalan ngelag, macet, performa laptop menurun, bahkan bisa saja langsung hang.

Nah, bagaimana cara memilih laptop khusus game?, disini Evteknovin akan memberikan tips & trik untuk membeli dan memilih laptop gaming.

1. Pilih Minimal Processor Core i7

Untuk memainkan game berat, pilihlah processor core i7. Sebenarnya kalau pake processor core i5 aja, sudah dapat memainkan game berat. Tapi, nanti takutnya performa laptop bakal menurun karena grafik gamenya sangat tinggi.

Jadi, alangkah baiknya gunakan minimal processor intel core i7 agar ketika ngegame gak macet-macet. Lebih bagus lagi yang dipilih processor intel core i9. Karena permainan game akan lebih mulus dan dapat kenyamanan dalam memainkannya.

Bagi pengguna processor AMD, pilihlah AMD Ryzen 9. Walaupun dari segi harga lebih murah dibandingkan dengan intel core i9, namun performa AMD Ryzen 9 sebanding dengan processor berwarna biru tersebut.

2. RAM 16 GB

RAM menjadi salah satu komponen penting agar performa laptop tetap stabil saat bermain game. Ukuran game yang besar menuntut kapasitas RAM yang besar pula.

RAM dengan 8 GB sebenarnya bisa saja dipakai untuk gaming. Tapi daripada nanti ngelag, mending pilih RAM minimal ukuran 16 GB aja. Kalau perlu sekalian pakai yang RAM 32 GB biar main gamenya jadi lancar.

3. VGA Card Terbaik

Komponen lain yang gak kalah penting yaitu VGA Card. Kartu grafis ini fungsinya untuk memberikan gambar jernih, sehingga menampilkan visual yang memanjakan mata.

Merek NVidia dan AMD saat ini berlomba-lomba merilis VGA terbaik. Bagi pengguna NVidia silahkan pilih seri Geforce GTX 1070. Karena NVidia seri ini sudah bisa dmainkan pada resolusi 4K.

Bagi pemakai AMD, setidaknya coba pakai seri AMD Radeon RX 5700. Kalian dapat memainkan game berat yang gak kalah dengan kompetitornya. Kalau perlu pakai AMD Radeon R9 Series, dimana series ini khusus dipakai pada laptop gaming dengan spek tinggi.

4. Gunakan Storage SSD Besar

Agar kecepatan loading cepat, dibanding pakai HDD, sebaiknya gunakanlah storage SSD dengan kapasitas besar. Apalagi saat ini sudah banyak laptop yang memiliki kapasitas besar, tentu saja dengan harga yang tinggi pula.

Tapi kalau budget yang dimiliki sedikit, gak salah juga pakai HDD, asal yang kecepatannya 5400 RPM keatas. Namun disarankan pakai yang SDD saja, karena memainkan game ukuran besar, loadingnya jauh lebih cepat dibanding HDD.

5. Baterai dengan Kapasitas Besar

Bagi para gamer waktu bermain hanya 1 jam tentu tidaklah cukup. Biasanya, rata-rata mereka bisa menghabiskan waktu 3-4 jam hanya untuk bermain game. Bahkan kalau udah kecanduan bisa memakan waktu lebih dari 6 jam perhari.

Untuk itu diperlukan baterai dengan kapasitas besar. Baterai laptop ketika memainkan game berat biasanya sanggup hingga 3 jam. Jadi setidaknya belilah laptop dengan kapasitas baterai 5 hingga 6 jam.

Apalagi waktu ngegame outdoor atau diluar ruangan dan tidak terdapat stop kontak disana. Bisa-bisa, baterai laptop habis kalau pakai kapasitas kecil. Gak enak kan, lagi seru-serunya ngegame tapi laptop malah mati karena kehabisan baterai.

6. Layar Resolusi Full HD (1080)

Game berat tentu akan menampilkan resolusi Full HD. Jadi pilihlah Layar yang sesuai dengan resolusi game tersebut. Pastikan gunakan layar 1080 agar visual yang dihasilkan sangat jernih.

Pertimbangkan juga ukuran layarnya. Setidaknya pilih laptop dengan ukuran layar 15,6 inci. Ukuran tersebut sudah standar dalam pemilihan laptop gaming. Kalau gak puas juga dengan ukuran segitu, bisa juga pilih yang 17 hingga 18 inci.

Selain itu, sesuaikan juga refresh rate dengan VGA Card. Untuk bermain game, pilih laptop yang memiliki refresh rate 60 Hz. Atau pakai yang 144 Hz jika kartu grafis lebih tinggi. Yang penting disesuaikan saja antara keduanya.

Penyesuaian ini agar visual gambar yang ditampilkan lebih smooth dan gak patah-patah. Terlebih yang kita mainkan adalah game balap yang memiliki pergerakan cepat. Dengan refresh rate yang tinggi responsivitas laptop akan meningkat.

7. Support Fitur Hypercool

Berlama-lama ketika main game mengakibatkan laptop menjadi panas. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya pilih laptop yang support fitur Hypercool.

Laptop yang memiliki fitur Hypercool sangat berguna untuk menurunkan panas laptop ketika dimainkan. Dengan menggunakan fitur ini dapat mendinginkan laptop sehingga tidak ngelag ketika memainkan game.

8. Pakai Keyboard Terbaik

Untuk menambah kenyamanan saat menekan tombol pada keyboard, pilih keyboard yang memiliki kedalaman tombol 1,5 mm - 2 mm. Key Travel ini sangat berguna untuk kenyamanan jari.

Pilih juga tombol lembut. Karena kalau terlalu keras dapat menyebabkan cedera pada jari. Ketika bermain game tentu dibutuhkan kecepatan jari, tapi jika tombolnya keras jari kita bisa sakit.

Sumber: Unsplash 

Gak kalah penting juga pilih keyboard backlighting. Karena akan sangat berguna ketika ruangan gelap, tombol keyboard tetap terlihat jelas. Adanya Keyboard Backlighting juga dapat membuat kita bak gamer professional.

9. Desain Laptop Gaming

Desain yang keren juga dibutuhkan agar terlihat professional. Desain-desain keren ini akan membedakan laptop biasa dengan laptop gaming. Laptop khusus game biasanya memilki ukuran yang lebih besar dibandingkan laptop biasa.

Kalau ingin desain yang slim atau tipis bisa, asalkan harus merogoh kocek lebih dalam. Karena desain slim dan tipis harganya sangat mahal. Tapi pake yang tebal pun gak masalah, karena laptop gaming tebal sudah umum bagi para gamers.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih laptop yang tepat untuk gaming. Laptop spek dewa memang harganya selangit, tapi kalau kalian memainkan game dan mengshare videonya ke youtube, uang yang diinvestasikan untuk beli laptop bisa balik modal.

Jadi, jangan ragu untuk beli laptop gaming dengan kualitas terbaik.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Laptop Gaming"