WA Diblokir Sementara : Temukan Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sumber: Unsplash 

Instagram dan Twitter sudah sering kita jumpai akun-akun yang disuspend atau diblokir, mungkin kalian juga pernah mengalaminya. Namun, bagaimana kalau yang diblokir tersebut adalah WhatsApp?.

Saat ini, sedang ramai masalah tentang pemblokiran nomor WA. Banyak pengguna Twitter yang meng tweet kalau WA mereka sedang diblokir sementara.

Padahal WA menjadi medsos yang sering digunakan untuk menghubungi seseorang membahas masalah pribadi maupun bisnis. Alih-alih menggunakan SMS ataupun telepon biasa, orang-orang lebih suka mengirim pesan dan menelepon via WhatsApp.

Lalu sebenarnya, apa penyebab WA diblokir sementara, dan bagaimana cara mengatasinya, mari simak ulasan berikut:

Penyebab WhatsApp diblokir Sementara

Salah satu hal yang dapat menyebabkan nomor WA diblokir adalah melakukan penginstallan aplikasi tidak resmi seperti whatsapp gb mod apk, aero dan sejenisnya. Aplikasi ini merupakan aplikasi tiruan yang kalian download diluar playstore.

Baca juga : Cara Membuka Play Store yang Terkunci

Padahal aplikasi ini bukanlah aplikasi resmi, tapi aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan untuk meniru dan memodifikasi aplikasi aslinya. Jadi, ya bisa dibilang aplikasi illegal lah karena tidak memiliki izin dan hak lisensi dari web resminya. 

Sebagai informasi aja kalau aplikasi mod ini biasanya berbasis android, dan kalian gak akan temukan aplikasi-aplikasi mod di playstore. Jadi kalau mau mendownloadnya, kalian mesti mampir ke website pengembangnya.

Mungkin, kalian beralasan ingin menerapkan aplikasi Wa mod ini karena punya fitur-fitur keren nan unik yang tidak kita jumpai pada aplikasi resmi. Namun ingat, hal tersebut bisa berakibat fatal karena aplikasi WA kalian bakal diblokir sementara.

Selain pemasangan aplikasi WhatsApp mod, mungkin ada faktor-faktor lain yang menjadi penyebab WA kalian diblokir sementara. Bisa jadi karena mengirim pesan yang sama ke banyak akun, sehingga dinilai spam.

Bisa juga diblokir karena ada pihak yang dirugikan, sehingga pihak tersebut melaporkan nomor WA kita. Lalu jika kita melakukan sesuatu yang ilegal, itu juga bisa menjadi penyebab pemblokiran WA.

Tips Mengembalikan WA yang diblokir Sementara

Kalau udah kena blokir, apakah WA kita dapat pulih seperti semula?. Tenang, WA kita akan kembali normal. Untuk cara mengatasinya, bisa diperhatikan tips yang dijelaskan dibawah ini:

1. Tunggu Waktu Pemblokiran Selesai

WA yang terkena pemblokiran, tidak dapat melakukan aktivitas didalamnya. Yang ada hanya pemberitahuan hitungan mundur sampai masa pemblokiran berakhir.

Waktunya bisa hitungan jam atau bahkan hitungan hari. Jadi kalian harus bersabar dan hanya bisa menunggu untuk dapat menggunakan aplikasi WhatsApp kembali.

2. Cadangkan Chat WA

Ketika aplikasi WA telah bisa dibuka kembali, backup atau cadangkan terlebih dahulu semua chat yang ada di WA mod yang kalian gunakan ke akun google drive agar pesan-pesan sebelumnya tidak terhapus.

Caranya kalian lihat dipojok kanan atas terdapat tanda titik tiga berbaris. Kalian tekan dan pilih "setelan/settings", ➜ "Chat" "Cadangan Chat/Chat Backup" " Cadangkan".

3. Pasang Aplikasi WhatsApp Resmi

Setelah selesai melakukan backup chat, Kalian download dan pasang aplikasi WhatsApp resmi. Lalu kalian masuk/login ke WA resmi menggunakan nomor kalian. Nantinya kalian akan kembali menggunakan aplikasi resmi di playstore.

4. Pulihkan Pesan Chat Yang Baru dibackup

Ketika login kalian akan disuruh untuk restore atau memulihkan chat dari akun drive. Lakukan cara tersebut dan masuk/login dengan menggunakan gmail drive kalian.

Selanjutnya pulihkan atau restore chat dan tunggu proses pemulihan berakhir. Setelah itu maka chat yang kalian backup akan pindah ke WA resmi yang sudah diinstall.

5. Delete WA Mod APK

Setelah semua proses pemulihan selesai, maka kalian hanya akan menggunakan WA resmi dari playstore. Kalian delete saja WA Mod APk karena gak dibutuhin lagi, daripada menguras sisa memori HP.

Oh iya, Proses restore chat yang dibackup tadi gak menjamin semua pesan bisa dipulihkan. Karena Pihak WA punya kebijakan sendiri yang melarang suatu tindakan yang illegal.

Pertanyaan yang Timbul Tentang Pemblokiran Aplikasi WhatsApp

Akibat ramainya narasi-narasi tentang diblokirnya aplikasi WhatsApp yang dialami oleh user atau pengguna, timbul pertanyaan seputar pemblokiran tersebut.

1. Bisakah mengirimkan pesan ketika WhatsApp diblokir?

➤ Tidak, kalian mesti menunggu sampai waktu pemblokiran berakhir. Sampai saat itu tiba, kalian tidak dapat melakukan aktivitas apapun didalam aplikasi WhatsApp.

2. Bisakah mengganti nomor WA yang diblokir?

➤ Ya, kalian dapat mengganti nomor namun harus menunggu masa pemblokiran berakhir.

3. Bisakah WA diblokir lagi ketika masih menggunakan WA Mod

➤ Tentu, karena WA tersebut bukanlah WA resmi, jadi pemlokiran sementara bisa terulang kembali, bukan tidak mungkin jadi diblokir permanen.

4. Amankah penggunaan WA Mod Apk?

➤ Tentu tidak, karena WA Mod Apk bukanlah aplikasi resmi, melainkan tiruan yang dilakukan pengembang.

Sebaiknya, kita jangan menggunakan WA Mod, karena keamanannya tidak terjamin. WA resmi memiliki fitur end-to-end encryption yang akan melindungi percakapan para pengguna.

Sementara fitur tersebut belum tentu tersedia pada WA Mod. Dan itu sesuatu yang berbahaya, karena chat para user bisa saja tersebar dan dapat dilihat orang lain, apalagi kalau pesan tersebut merupakan pesan penting.

Selain itu alasan untuk tidak menggunakan WA Mod Apk adalah soal file yang berbahaya. Karena untuk mendownloadnya kita mesti mengunjungi situs pengembang, dan bisa saja file tersebut tertempel oleh malware yang berakibat fatal pada perangkat.

Ini berlaku untuk semua aplikasi ya, karena aplikasi Mod rawan membawa malware. 

Posting Komentar untuk "WA Diblokir Sementara : Temukan Penyebab dan Cara Mengatasinya"