Manfaat Menggunakan Aplikasi Pemantau Baterai


Dewasa ini, smartphone telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, baterai smartphone seringkali menjadi masalah seperti mudah terkuras dan tidak tahan lama.

Hal tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi mereka yang tergantung pada smartphone untuk bekerja atau berkomunikasi.

Masyarakat yang menggantungkan pekerjaannya terhadap handphone, tentu akan kesulitan jika baterai handphone mulai melemah, apalagi disaat yang genting.

Tentu mereka tidak ingin hal itu terjadi. Mereka akan menggunakan banyak cara seperti membeli powerbank ataupun membeli handphone terbaru yang memiliki kapasitas baterai yang besar. 

Menggunakan Aplikasi Pemantau Baterai

Baterai yang cepat habis tentu dikeluhkan oleh banyak penggunanya. Mereka tidak ingin smartphone tiba-tiba mati ketika hendak mengerjakan sesuatu yang penting.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat aplikasi pemantau baterai yang dapat membantu meningkatkan daya tahan baterai smartphone.

Baca juga: 8 Aplikasi Perekam Layar Melalui Smartphone

Terdapat deretan aplikasi android di playstore yang bisa digunakan untuk mengecek kesehatan baterai. Contohnya, bisa pakai Kaspersky Battery Life, AccuBattery, dan Ampere Meter Pro.

Selain ketiga aplikasi diatas, masih banyak lagi software pemantau baterai yang bisa anda download. Bebas anda mau pilih yang mana.

Manfaat yang didapat dari App pemantau Baterai

Bukan tanpa alasan anda menginstall aplikasi pemantau baterai dihandphone. Tentu, banyak keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan aplikasi tersebut.

Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi pemantau baterai:

1. Mengoptimalkan penggunaan baterai

Aplikasi pemantau baterai dapat memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan penggunaan baterai, seperti mengubah setelan layar atau menonaktifkan fitur yang tidak perlu.

Dengan begitu anda bisa memilih mana program yang harus dijalankan ataupun dimatikan. kondisi ini akan membuat baterai anda lebih tahan lama.

2. Mendeteksi aplikasi yang menguras baterai

Aplikasi pemantau baterai dapat memberikan informasi tentang aplikasi mana saja yang mengonsumsi banyak baterai, sehingga Anda dapat menonaktifkan atau menghapus aplikasi tersebut jika diperlukan.

3. Mengetahui tingkat baterai secara real-time

Aplikasi pemantau baterai dapat memberikan informasi tingkat baterai secara real-time, sehingga Anda dapat mengetahui kapan waktunya untuk mengisi ulang baterai smartphone.

Mencharge handphone pada saat yang tepat, membantu anda untuk meningkatkan usia baterai agar tidak cepat rusak.

4. Mendapat notifikasi baterai low

Aplikasi pemantau baterai dapat memberikan notifikasi saat tingkat baterai smartphone rendah, sehingga Anda dapat segera mengisi ulang baterai sebelum terlambat.

Kabarnya, banyak juga yang menyatakan, jika handphone anda mati akibat kehabisan baterai, dalam jangka panjang bisa mempercepat kerusakan handphone.

5. Melacak histori penggunaan baterai

Aplikasi pemantau baterai dapat memberikan informasi tentang histori penggunaan baterai, sehingga Anda dapat melihat pola penggunaan baterai dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Anda dapat mengoptimalkan penggunaan daya baterai dengan memilih aplikasi apa saja yang perlu dijalankan dan dimatikan jika aplikasi tersebut dirasa tidak digunakan lagi.

Dengan menggunakan aplikasi pemantau baterai di android, Anda dapat lebih mudah mengatur dan meningkatkan daya tahan baterai smartphone.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba aplikasi pemantau baterai yang tersedia di pasaran untuk membantu mengatasi masalah baterai pada smartphone.

Posting Komentar untuk "Manfaat Menggunakan Aplikasi Pemantau Baterai"