Cara Mengatasi Kuota yang Tidak Bisa Digunakan

Sumber: Unsplash

Dulu, waktu zaman belum secanggih sekarang, untuk mengakses internet kita mesti pergi ke warnet atau rental komputer. Beda cerita saat ini, karena semua sudah serba instan, termasuk berselancar didunia maya. Orang-orang dengan gampangnya dapat internetan kapan saja.

Untuk mengakses internet, yang dibutuhkan adalah kuota. Namun, apa kalian pernah, gak bisa internetan padahal setelah dicek sisa kuota masih cukup.

Gawatnya lagi kalau butuh menggunakan internet untuk menyelesaikan kerjaan yang sudah deadline. Pasti bakalan pusing jika ada kerjaan yang harus disubmit tapi internet malah mati.

Masalah ini gak sekali dua kali terjadi, bisa saja masalahnya terus berulang-ulang. Gak enak juga kan koneksi macet ini harus kita alami berkali-kali.

Penyebab Kuota Gak Bisa digunakan

Sebelum mengatasinya, cari tau terlebih dahulu apa penyebab koneksi internet mati padahal kuota masih ada. Agar kita dapat dan tepat mengatasinya. Penyebab-penyebab koneksi internet mati padahal kuota masih banyak, mungkin terjadi karena hal-hal berikut ini:

1. Masa Aktif Kartu Habis

Coba cek masa aktif kartu kalian, apakah masa berlakunya masih panjang atau sudah habis. Kalau sudah habis tentu kuota yang dimiliki tidak dapat digunakan.

Makanya sebelum isi kuota cek terlebih dahulu masa aktif sim cardnya. Karena jika sudah kadaluwarsa, ya percuma aja isi paket. Jadi, isi pulsa dulu biar masa aktifnya otomatis diperpanjang. Masa aktif kartu dan paket itu beda ya, jadi jangan disamakan.

2. Hilangnya Kode IMEI

Kode IMEI ini terdiri dari nomor-nomor unik pada Smartphone. Jadi Setiap HP punya ciri khas sendiri dan menjadi identitas pada HP dengan adanya kode IMEI.

Kode IMEI bisa saja hilang, bisa diakibatkan oleh hp yang seringkali di root, operation system error, dan yang paling sering terjadi karena kesalahan flashing.

Hilangnya kode IMEI membuat sim card tidak terbaca, otomatis kuota internet juga tidak bisa dipakai. Jadi, kalian harus mengembalikan kode IMEI nya terlebih dahulu.

3. Jaringan Mengalami Gangguan

Tidak ada sinyal mungkin saja disebabkan karena jaringan mengalami gangguan. Baik sedang maintenance, ataupun akibat kerusakan yang tidak disengaja. Seperti tower yang rusak akibat sambaran petir.

Baca juga : Temukan Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Kalau sedang maintenance, biasanya provider akan melakukan perbaikan untuk upgrade layanan yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, kita hanya bisa menunggu hingga selesai sampai proses maintenance selesai.

Cara Mengatasi Kuota Tidak Bisa Digunakan Tanpa Aplikasi

Terus, bagaimana cara memperbaikinya?, Nah kali ini Evteknovin akan membahas tentang cara mengatasi kuota, tapi tidak bisa digunakan.

1. Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat

Cara pertama yang paling simpel dan gampang dilakukan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (Airplane Mode). Kalian diamkan sebentar lalu nonaktifkan kembali.

Sumber: Unsplash

Dengan mematikannya kembali sering terbukti ampuh mengatasi kuota internet tidak bisa dipakai ini. Karena dengan cara ini maka hp kita akan merestart ulang dan mencari sinyal provider sehingga koneksi internet dapat terhubung kembali.

2. Registrasi Kartu

Kondisi gagalnya koneksi intenet mungkin dapat disebabkan karena sim card belum diregistrasi. Jadi setelah membeli kartu baru, kita mesti mendaftarkan kartu baru tersebut.

Peraturannya sekarang memang seperti itu, jadi kita ikuti aturan-aturannya. Lagian hal itu juga memberikan manfaat untuk menghindari kita dalam praktek penipuan.

3. Restart Handphone

Restart handphone juga bisa menjadi solusi masalah kuota tidak bisa internetan. Kenapa cara ini terbilang ampuh untuk menghidupkan kembali koneksi internet?.

Terkadang hal ini dapat terjadi karena masalah sistem android pada smartphone. Misalkan, kalian pasang aplikasi berat yang gak cocok dengan spek smartphone.

Atau aplikasinya error, karena ada masalah bug, sehingga mengacaukan sistem android. Akibatnya koneksi internet mati, padahal kuota masih banyak.

Jadi, dengan restart handphone maka sistem akan memperbaiki dan muat ulang aplikasi yang error itu. Sehingga koneksi internet kembali lancar.

4. Ubah Jaringan Provider

Kalau dua cara diatas masih belum bisa, mungkin boleh pake cara ini. Coba saja ubah dulu jaringan pada provider. Misalkan, saat ini kalian pakainya jaringan 4G LTE, turunkan sejenak jaringannya mejadi 2G atau 3G.

Tunggu sesaat, lalu kembalikan lagi jaringannya ke 4G LTE secara manual. Biasanya cara ini cukup ampuh untuk mengembalikan koneksi internet smartphone.

5. Cabut SIM Card

Cara lain yang bisa dipakai adalah dengan mengeluarkan sim card hp. Mungkin karena pemasangan sim card yang salah, berakibat hilangnya sinyal.

 Sumber: Unsplash

Maka coba saja cabut dulu sim cardnya lalu pasang lagi yang benar. Setelah melakukannya maka koneksi internet yang mati tadi dapat kembali normal.

6. Hubungi Operator Provider

Operator provider akan membantu keluhan yang kalian alami. Jadi, gak ada salahnya hubungi operator provider, agar dapat mengetahui sebenarnya apa masalah yang terjadi.

Dengan menelepon provider, biasanya mereka akan memberikan arahan-arahan untuk masalah yang dialami. Ikuti aja instruksinya, agar dapat mendapatkan solusi yang jelas.

7. Service HP

Setelah ditelusuri sebenarnya sinyal normal-normal saja. Tetapi ternyata hp kalian yang bermasalah. Komponen-komponen yang terdapat pada hp mengalami kerusakan.

Maka gak ada cara lain, selain pergi ketempat service hp. Lalu perbaiki dan ganti komponen yang rusak. Tapi kalau biaya perbaikannya mahal, mending ganti hp baru saja.

Cara Mengatasi Kuota Tidak Bisa Digunakan Dengan Aplikasi

Cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah gagalnya sambungan kuota internet ini, juga dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi berikut:

1. Install Aplikasi Termux

Aplikasi Termux banyak kegunaannya. Mengenai masalah ini, kita bisa pakai fungsi ping. Ketika melakukan ping pada hp, aplikasi Termux akan memberikan informasi sinyal internet pada hp kita.

Fungsi ping juga bisa menstabilkan koneksi internet ketika menggunakannya. Selain itu fungsi ping juga dapat memancing sinyal apabila sinyal provider hilang.

2. Pasang Aplikasi Internet Speed Meter

Pasang aplikasi ini agar dapat memantau kecepatan koneksi internet. Dengan adanya Internet Speed Meter kita dapat melihat dan membantu kondisi traffic download dan upload.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Internet speed Meter juga memiliki fitur ping yang kadang bisa memancing jaringan lelet menjadi lebih sedikit cepat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kuota yang Tidak Bisa Digunakan"