Cari Tau Cara Buat Watermark di Word : Teks Maupun Gambar


Seringkali kita sudah capek-capek membuat sebuah karya atau desain, namun tidak lama berselang, desain yang dibuat justru diambil oleh orang lain dan ditempelkan ke postingan mereka tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Hal seperti ini sepatutnya tidak boleh terjadi. Kita sebagai pencipta karya tersebut tentu gak enak hati bila menjadi korban masalah plagiarisme. Kecuali anda sendiri sudah mengizinkannya atau memberikan lisensi gratis dan bisa di pakai ulang oleh orang lain.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda harus menggunakan tanda air atau yang sering disebut sebagai watermark. Tujuannya, agar tidak ada seorangpun yang dapat mengambil klaim hak cipta anda dan seenaknya mereka mengupload postingan disertai karya yang telah anda buat.

Apa Itu Watermark

Sebelum anda memulai membuatnya, terlebih dahulu anda harus tahu apa itu watermark. Secara garis besar, watermark merupakan tanda air yang menempel pada suatu karya yang dibuat, dan berfungsi sebagai copyright agar orang lain tidak dapat melakukan duplikat.

Kebanyakan orang membuat watermark via aplikasi editing foto, misalkan menggunakan photoshop, atau membuatnya melalui situs desain gratis seperti canva.

Akan tetapi, kali ini Evteknovin akan membahas tentang pembuatan watermark pada microsoft word. Bagaimana cara membuatnya, berikut rangkuman cara buat watermark di word.

Cara Membuat Watermark Pada Microsoft Word

Pemberian watermark pada dolumen microsoft word sangat penting. Terlebih isi dari dokumen tersebut bersifat rahasia dan tidak boleh dimuat ulang.

Contohnya skripsi. Dengan adanya watermark, maka tidak ada seorangpun yang dapat mengguanakan skripsi anda untuk keperluan orang lain. Maka dari itu watermark bagus untuk diterapkan pada skripsi.

Dalam pemberian watermark di microsoft word, terdapat jenis watermark confidential, disclaimer, serta urgent. Anda juga dapat membuat watermark dengan cara kustomisasi.

1. Jenis Watermark Confidential

Watermark jenis pertama adalah confidential. Tipe watermark ini menandakan bahwa file tersebut bersifat rahasia. Jenis watermark ini memiliki watermark teks bertuliskan confidential dan do not copy. Untuk membuatnya ikuti langkah berikut:

  • Buka halaman word yang ingin diberi watermark
  • Pilih tab page layout pada word 2010 atau tab design pada word 2013
  • Selanjutnya pilih watermark yang terihat pada layar monitor anda
  • Jenis yang pertama pilih saja bagian confidential
  • Anda bebas memilih confidential atau do not copy
  • Selesai, watermark tipe confidential otomatis ditambahkan

2. Jenis Watermark Disclaimer

Cara yang kedua dengan menggunakan watermark disclaimer. Untuk jenis watermark ini terdapat dua pilihan teks yaitu draft dan sample.

Langkah-langkahnya mirip dengan cara pertama. Namun, pada pilihan watermark, anda pilih bagian disclaimer. Bebas pilih tulisan draft atau sample, dan otomatis watermark ditambahkn pada word anda.

3. Jenis Watermark Urgent

Dari namanya saja, jelas terlihat jika jenis watermark ini berarti file yang terpasang watermark sangat penting, dan tidak boleh dilihat oleh sembarang orang.

Untuk cara membuatnya sama dengan dua poin diatas. Bedanya, saat bagian watermark, anda pilih urgent. Nanti akan muncul dua pilihan tulisan ASAP dan Urgent. Tentukan teksnya dan watermark akan muncul di file tampilan anda.

4. Kustomisasi Watermark di Ms. Word

Jika watermark tidak sesuai dengan selera anda, maka word dapat melakukan custom watermark pilihan anda. Bisa berbentuk teks, maupun dengan menambahkan gambar untuk menjadi watermark.

Langkah awal anda ikuti tiga cara diatas yang sudah dijelaskan. Pada saat pemilihan watermark, anda pilih custom watermark. 

Jika menggunakan teks, maka anda pilih text watermark. Ubah tulisannya sesuai keinginan anda pada kolom text. Setelah itu anda tentukan jenis font, warna, ukuran, dan layout. Dan centang pada semitransparent jika ingin melakukannya atau tidak.


Jika menggunakan gambar, anda pilih picture watermark, Lalu cari gambarnya dengan tekan tombol select picture. Lalu klik ok. Beginilah bentuk tampilan watermark picturenya.


Cara Menghapus Watermark Pada Microsoft Word

Selain membuat watermark, microsoft juga memiliki fitur untuk menghapusnya. Namun ingat, cara ini bisa anda gunakan jika memang anda memiliki hak sepenuhnya untuk menghapus watermark tersebut. Untuk melakukannya sangat mudah dan gampang.

  • Open file ms word yang ada watermarknya
  • Pilih tab page layout atau design
  • Pilih Watermark
  • Klik Remove watermark untuk menghapusnya
  • Selesai, watermark akan terhapus dari tampilan word

Manfaat Penggunaan Watermark

Setelah mengetahui pengertian dan cara membuatnya, anda mungkin pensasaran untuk apa sebenarnya kita repot-repot membuat watermark. Terdapat beragam manfaat yang diperoleh dengan menempelkan watermark. Simak ulasannya dibawah ini:

1. Perlindungan Hak Cipta

Tentu saja, fungi utama dari penggunaan watermark adalah sebagai perlindungan hak cipta. Agar, karya yang susah-susah dibuat tidak seenaknya dicolong orang lain.

2. Feature Location

Dengan fitur ini, anda akan dapat mengetahui dari mana asal sumber watermark tersebut. Dan kita juga dapat mengetahui isi dari file yang telah diberi watermark.

3. Caption

Manfaat dari watermark lainnya yaitu caption. Dimana dengan pemberian watermark, maka anda dapat memberikan penjelasan atau keterangan dari dokumen tersebut.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pemberian watermark pada microsoft word. Anda dapat menggunakannya demi melindungi dokumen anda, dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Posting Komentar untuk "Cari Tau Cara Buat Watermark di Word : Teks Maupun Gambar"