Fungsi Video Graphic Adapter


Bagi anda yang sering bermain game di laptop/pc, tentu anda ingin merasakan pengalaman bermain game yang luar biasa. Tampilan grafik yang memukau tersebut membuat anda merasakan sensasi lebih dalam bermain game.

Tingkat kejernihan dari grafik sebuah game, tergantung dari kartu grafis yang dimiliki oleh perangkat anda. Kartu grafis tersebut akan memastikan seberapa bagus visual yang akan ditampilkan pada layar monitor anda.

Apa Itu VGA Card

Video Graphic Adapter Atau yang sering kita sebut sebagai VGA Card, merupakan salah satu perangkat keras atau hardware dan menjadi komponen penting untuk menampilkan tampilan pada monitor.

Kartu grafis ini mengelola data yang diterima dari sistem operasi komputer dan mengirimkannya ke monitor lewat VGA card.

Biasanya, kartu grafis ini berupa konektor, kabel, dan port yang dipakai untuk menghubungkan kartu grafis ke monitor.

Jenis-Jenis VGA Card

Untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus, anda harus memiliki video graphic adapter berkualitas tinggi. Untuk itu terdapat beberapa tipe jenis VGA Card yang dapat digunakan. Berikut diantaranya:

1. DRAM

DRAM merupakan memori yang terpasang pada VGA Card yang berfungsi sebagai tempat mengolah dan menyimpan data serta menampilkannya pada layar monitor. DRAM termasuk jenis VGA Card yang cocok untuk laptop kelas menengah.

2. SGRAM

Synchronous Graphics Random Access Memory (SGRAM) merupakan tipe VGA Card yang sering digunakan pada latop dengan spesifikasi tinggi. SGRAM merupakam lanjutan dari DRAM dengan kecepatan yang lebih tinggi.

SGRAM biasanya diperlukan untuk laptop yang sering digunakan untuk bermain game berat atau aplikasi dengan kualitas grafis yang tinggi. Karena itulah, dari segi harga SGRAM memiliki harga yang lebih mahal dibanding DRAM.

3. EDO RAM

Extended Data Out Random Access Memory (EDO RAM) adalah salah satu tipe memori dari VGA Card untuk mengolah gambar ke layar monitor laptop/pc.

Saat ini, mungkin EDO RAM tidak lagi populer seperti dulu. Karena sekarang perangkat laptop lebih menggunakan teknologi terbaru seperti DRAM.

4. VRAM

Video Random Access Memory (VRAM) adalah salah satu komponen yang diperlukan untuk pemrosesan grafis. Dari segi kecepatan, VRAM memiliki tingkat kecepatan yang tinggi dengan menggunakan pipeline.

VRAM cocok digunakan oleh laptop dengan spesifikasi kelas atas. Terlebih lagi untuk para graphic desainer untuk membuat desain, yang memerlukan aplikasi dengan kapasitas besar.

5. Rambus

Rambus umumnya digunakan pada console game lama seperti sega. Oleh sebab itu, penggunaannya masih sedikit yang beredar. Saat ini saja hanya Creative Labs yang memproduksi kartu grafis ini.

Fungsi Video Graphic Adapter

VGA Card memiliki fungsi utama sebagai komponen penghasil gambar pada layar monitor. Dulu, Video Graphic Adapter sangat berguna pada laptop.

Akan tetapi, saat ini laptop semakin canggih dan modern. Umumnya, laptop terbaru menggunakan Motherboard (VGA Card On Board) yang telah terintegrasi dengan laptop.

Selain itu, video graphic adapter memiliki fungsi yang lain, misalnya untuk menyimpan data dari hardisk. VGA Card juga berfungsi untuk memberikan data ke processor untuk melakukan pemrosesan grafis.

Cara Memilih VGA Card yang Tepat Untuk Laptop

Setelah anda mengetahui tentang apa itu video graphic adapter beserta fungsinya, sekarang anda memiliki informasi yang diperlukan dalam pembelian VGA Card yang tepat untuk laptop.

Memilih VGA Card yang cocok dengan laptop itu mudah, anda tinggal memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Kompatibel Dengan Laptop

Ketika anda pertama kali membeli kartu grafis, pastikan laptop yang anda gunakan kompatibel dengan laptop. Perhatikan kecepatannya, serta slot yang tersedia.

2. Keperluan Laptop

Jika anda ingin menggunakan laptop khusus bermain game, pastikan anda memilih kartu grafis dengan kualitas yang bagus. Agar tampilan game kapasitas besar dapat menghasilkan kualitas gambar yang jernih.

3. Brand atau Merek

Terdapat dua pabrikan yang memasarkan kartu grafis. Kedua brand tersebut seperti AMD dan NVIDIA yang begitu populer dalam menghasilkan produknya.

4. Harga

Perhatikan juga masalah harga. Semakin bagus barangnya tentu harganya semakin mahal. Jika anda menginginkan kartu grafis yang bagus, anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Itulah ulasan mengenai video graphic adapter yang dapat anda gunakan untuk dipasang pada laptop anda. Anda dapat memilih kartu grafis yang cocok dan sesuai kebutuhan anda. 

Posting Komentar untuk "Fungsi Video Graphic Adapter"