10+ Peralatan Youtuber Gaming yang Harus Dimiliki Konten Kreator


Youtube menjadi salah satu platform media sosial, yang memberikan banyak pendapatan bagi konten kreator. Anda mungkin bisa menjadi salah satu diantaranya.

Namun, untuk meraih itu semua tentu tidaklah mudah. Butuh konsisten dalam menekuninya untuk meraih kesuksesan tersebut.

Untuk menjadi konten kreator, anda mesti memilih niche yang sesuai dengan minat dan kriteria anda. Banyak opsi yang bisa anda pilih, salah satunya menjadi youtuber gaming.

Akan tetapi, jika anda ingin memilih niche game dan ingin menjadi seorang streamer, butuh peralatan pendukung untuk menunjang postingan video anda. Berikut ini merupakan peralatan yang sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu.

1. Laptop atau PC

Untuk memainkan game sekaligus streaming di youtube, anda akan membutuhkan laptop atau pc dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Sebagian orang menyebutnya dengan laptop spek dewa. Terdapat spesifikasi yang mungkin dapat anda pertimbangkan.

Misalkan, soal processor. Sebaiknya pilih laptop gaming yang memiliki processor minimal Intel Core i5 atau i7. Bisa juga anda memilih AMD Ryzen 5.

Pilih laptop dengan kapasitas RAM yang tinggi. Setidaknya anda gunakan RAM berukuran 8 GB atau 16 GB. Begitu juga dengan kapasitas penyimpanan SSD atau HDD, pilihlah yang berukuran besar.

Untuk kejernihan gambar dalam game, terdapat VGA Card yang cocok untuk para streamer gaming. Saya merekomendasikan merek NVIDIA seri Geforce GTX 1070. Atau jika pengguna AMD, bisa anda pertimbangkan memakai AMD Radeon RX 5700. 

Saya memberi masukan beberapa laptop yang dapat anda pergunakan untuk keperluan gaming pada youtube antara lain, ASUS ROG Zephyrus G15, Dell G5 15, atau HP Omen 15.

Contoh diatas hanyalah sebagai bahan masukan saja, karena masih banyak laptop jenis lain dengan spesifikasi serupa. Pastikan untuk melakukan riset dan yang terpenting sesuai dengan kebutuhan budget yang anda miliki.

2. Konsol Gaming

Bagi pengguna konsole seperti Playstation atau Xbox, bisa pakai yang seri terbaru seperti Playstation 5. Hal ini untuk menggunakan konsol gaming dalam membuat konten youtube.

Untuk pengambilan gambar, anda dapat mengambil video dari konsol dengan bantuan perangkat lain, seperti capture card atau HDMI capture device.

Anda bisa mengambil screenshot dan lakukan pengeditan video dari console untuk digunakan dalam konten youtube. Setelah anda memiliki video yang ingin di posting, anda coba upload ke youtube, agar dapat ditonton oleh subscriber anda.

3. Smartphone

Anda juga dapat menjadi konten youtube gaming dari game mobile. Terdapat beberapa jenis game mobile yang populer di Indonesia, seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Untuk melakukan perekaman layar pada smartphone, anda memerlukan aplikasi yang dapat diinstall lewat play store. Rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik untuk gaming, contohnya seperti AZ Screen Recorder.

4. Tripod

Alat lain yang diperlukan untuk merekam video game adalah tripod. Tripod dapat menstabilkan posisi kamera atau smartphone selama anda melakukan proses perekaman. Tujuannya, agar hasil video tidak goyang dan kabur.

Pastikan juga membeli tripod yang kompatibel dengan smartphone anda. Karena kalau tidak, anda bisa salah beli dan takutnya tripod malah tidak bisa digunakan.

5. Mikrofon Untuk Youtube Gaming

Anda perlu mikrofon, untuk merekam suara saat bermain game yang ingin diupload ke YouTube. Mikrofon ini akan membuat suara anda lebih besar dan jelas.

Terdapat beragam pilihan mikrofon yang bisa menjadi opsi untuk anda beli. Seperti Blue Yeti, Audio-Technica AT2020, HyperX QuadCast, serta Rode Procaster.

Harganya memang bervariasi, tergantug jenis dan mereknya. Namun, produk diatas bisa dijadikan contoh sebagai salah satu mikrofon yang bagus.

6. Headphone

Selanjutnya anda butuh headphone dalam kebutuhan konten gaming. Headphone yang baik adalah headphone yang memiliki kualitas suara surround 7.1.

Headphone yang berkualitas bagus dilengkapi dengan mikrofon yang jernih, dan mampu digunakan dalam durasi yang lama. Beberapa rekomendasi headphone untuk gaming yaitu, HyperX Cloud II, Logitech G533 Wireless Gaming Headset, dan lain sebagainya.

Merek di atas mungkin lebih cocok bagi anda daripada merek lainnya. Jadi pastikan anda membaca ulasan produk sebelum membeli. 

7. Kursi Gaming

Kursi gaming merupakan jenis kursi yang dirancang khusus bagi gamer saat bermain game di komputer atau konsol. Kursi gaming tentunya dilengkapi oleh fitur-fitur seperti kontrol ketinggian, dan kemampuan untuk mengubah sudut duduk.

Kursi gaming bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman game yang baik saat melakukan gameplay dengan durasi panjang.

8. Kamera Webcam

Kamera webcam merupakan perangkat sebagai pendukung dalam pembuatan konten gaming. Anda dapat merekam atau streaming video dari ponsel, komputer atau laptop.

Agar streaming game di youtube memiliki hasil yang jernih, gunakan kamera webcam dengan resolusi tinggi, serta frame rate yang stabil. Sebagai contoh kamera webcam yang populer dalam streaming game di youtube misalnya Logitech C922, Razer Kiyo, dan Elgato Cam Link 4K.

9. Green Screen

Green screen diperlukan dalam pembuatan video gaming. Kain berwarna hijau ini dibutuhkan untuk menciptakan background untuk streaming atau merekam video game.

Ini membuat seakan-akan seorang streamer atau konten kreator berada pada dalam lingkungan virtual, tidak seperti latar belakang sebenarnya mereka.

10. Software Editing Video

Selanjutnya, anda butuh software atau aplikasi untuk mengedit video yang telah anda rekam. Editingan video tersebut bisa membuat video anda lebih menarik.

Dengan melakukan editing, buatlah hasil akhir yang unik dan menarik perhatian subscriber anda. Bisa dengan cara menambahkan gambar atau video meme, backsound, dan hal lainnya sesuai keinginan anda.

Internet telah banyak menyediakan software editing video yang bisa anda download. Anda dapat gunakan Adobe Premiere Pro, VSDC, Lightworks, dan aplikasi-aplikasi lainnya.

11. Akun Bank

Anda mengunggah video ke youtube tentu agar ingin di monetisasi adsense. Untuk itu, anda butuh akun rekening bank untuk melakukan transfer uang dari youtube ke nomor rekening anda.

Anda bisa menggunakan akun rekening lama yang sering anda gunakan sehari-hari, atau membuat rekening baru khusus adsense.

Demikian uraian lengkap mengenai peralatan youtuber gaming yang dibutuhkan, jika anda ingin memulai menjadi seorang youtuber gaming. Peralatan-peralatan tersebut wajib anda miliki jika ingin menjadi seorang streamer professional.

Posting Komentar untuk "10+ Peralatan Youtuber Gaming yang Harus Dimiliki Konten Kreator"