Tips Cara Cek Laptop Bekas: Biar Gak Kena Tipu

Sumber: Unsplash

Mau beli laptop bekas dengan kualitas bagus seperti baru? bisa kok, asal kamu harus pintar-pintar memilih dan mengecek apakah laptop itu masih layak pakai atau tidak.

Masalahnya, banyak penjual yang nakal, mengatakan laptop masih dalam keadaan sempurna. Tapi kenyataannya, setelah dibeli malah zonk.

Sebagian orang sudah menganggap laptop sebagai kebutuhan primer. Baik untuk urusan pekerjaan, bisnis, sekolah, atau hanya untuk menghabiskan waktu luang dengan bermain game atau internetan.

Biasanya, laptop baru menjadi pilihan utama untuk dibeli dibandingkan yang bekas. Namun, bagi orang yang dananya terbatas, laptop seken menjadi alternatif pilihan.

Cara mengecek Laptop Bekas

Barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan, oleh sebab itu cermatlah dalam membeli laptop bekas, yang kualitasnya masih istimewa. Untuk itu, kali ini saya akan rangkum cara cek laptop bekas dengan kualitas ok.

1. Cek Casing Laptop

Hal yang diperhatikan pertama tentu bagian luar. Cek body atau casingnya. Perhatikan apakah masih mulus, atau sudah ada goresan atau baret.

Laptop dalam kondisi lecet bisa disebabkan oleh dua hal. Lecet sedikit karena goresan, atau lecet parah yang disebabkan karena terjatuh atau tertimpa benda berat.

Sebaiknya, urungkan niat membeli latop bekas dengan casing lecet parah. Sebab, bukan tidak mungkin berpengaruh terhadap kondisi komponen yang berada didalamnya.

2. Cek Kondisi Keyboard

Coba anda ketik pada laptop. Apakah kondisi keyboard masih bagus atau tidak. Keyboard menjadi hardware penting dalam proses pengetikan. Pastikan setiap tombol masih berfungsi dengan baik.

Kalau perlu, kamu gunakan situs online untuk cek kondisi keyboard. Contohnya pada situs key test. Tampilan layar yang menunjukkan perubahan warna sewaktu keyboard ditekan, maka keyboard masih befungsi dengan baik.

Namun sebaliknya, jika tampilan layar tidak merespon, kemungkinan keyboard pada laptop bermasalah.

3. Cek Layar Laptop

Mau ngetik tapi tulisan terhalang oleh garis atau bintik hitam. gak enak kan. Karena itu periksa bagian layar laptop apakah terdapat masalah dead pixel.

Coba ubah wallpaper berwarna hitam. perhatikan dengan seksama apakah terdapat warna selain hitam pada tampilan layar. Lakukan juga dengan wallpaper warna putih.

Perhatikan pula engselnya dengan buka tutup layar. Pastikan ketika dibuka, engsel laptop tetap kokoh dan tidak kendor.

4. Cek Port Usb

Port Usb memungkinkan kita untuk memasang hardware lain untuk keperluan laptop. Seperti printer untuk mencetak dokumen, dan flashdisc untuk menyimpan file. Pastikan port usb tidak rusak.

Sumber: Unsplash

Lihat juga slot cd drive. Walau saat ini jarang dipakai, namun utamakan masih berfungsi dengan baik. Sebab, jika ingin menginstall aplikasi, kadang diperlukan bila menggunakan cd.

5. Cek Speaker

Bukan hanya tampilan visual, audio juga jangan sampai terjadi kerusakan. Speaker yang tidak berfungsi normal akan mengganggu kenyamanan saat menonton video, mendengarkan lagu, atau bahkan bermain game.

Putarlah sebentar musik yang tersedia di laptop. Belilah laptop tersebut apabila suara yang keluar terdengar normal. Urungkan niat membeli laptop dengan spaker yang mengeluarkan suara patah-patah.

6. Cek Spesifikasi Laptop

Bisa dibilang ini salah satu hal terpenting yang mesti diperhatikan dalam pembelian laptop bekas. cek spesifikasi laptop disarankan menggunakan aplikasi CPU-Z.

Baca juga: Tips Membeli Laptop Gaming

Aplikasi ini membantu anda untuk cek secara keseluruhan spek laptop. Hasilnya akan terlihat jelas. Sehingga penjual tidak dapat membodoh-bodohi pembeli dengan mengatakan spesifikasi yang tidak benar.

7. Cek Performa Laptop

Komponen dalam adalah bagian paling vital pada laptop. Cek performa laptop dan pastikan tidak ada kerusakan didalamnya.

Periksa kondisi hardisc dengan cara memindahkan file berukuran besar menggunakan file explorer. Proses copy-paste yang memakan waktu lama, menandakan anda harus waspada. Sebab, bisa jadi telah terkena badsector.

Cek juga kapasitas RAM. Untuk melakukan multitasking, diperlukan RAM dengan ukuran besar. Jangan sampai kita hendak beli laptop buat bermain game berat, tapi yang dibeli RAM nya cuma 4GB kebawah.

Baca juga: 11+ Cara Membersihkan RAM Laptop yang Penuh Agar Tidak Lemot

Cek CPU dengan pakai aplikasi cpu burner. Kalau terjadi error, atau bahkan laptop malah mati, tandanya telah terjadi kerusakan pada hardware.

Mainkan game pc sebentar untuk pemeriksaan VGA card. pastikan tampilannya tetap normal. Jangan sampai tampilan layarnya bergaris atau berkedip.

8. Cek Charger dan Baterai

Untuk menggunakan laptop diluar ruangan, maka diperlukan kondisi baterai yang maksimal. Apalagi tidak terlihat colokan listrik disekitar. Maka, sebelum membeli cek kondisi baterainya.

Memeriksa baterai bisa diuji dengan membuka aplikasi berat. Lihatlah, sejauh mana baterai akan bertahan setelah digunakan selama 10 menit. Pastikan juga baterai dalam keadaan tidak gembung.

Jangan lupa cek juga kondisi charger. Luangkan waktu sebentar untuk mengecas laptop. Perhatikan seberapa cepat charger mengisi daya. Teliti periksa bagian luarnya jangan sampai ada yang terkelupas.

Demikianlah ulasan mengenai tips cara cek laptop bekas sebelum dilakukan pembelian, agar tidak kena tipu.

harga memang tidak bisa bohong. Kualitas laptop yang baik berbanding lurus dengan tingginya kualitas.

Laptop seken atau bekas memang dapat dibeli seperti kondisi baru. Akan tetapi, jika punya budget lebih disarankan beli saja laptop baru, agar performa laptop lebih tahan lama.

Posting Komentar untuk "Tips Cara Cek Laptop Bekas: Biar Gak Kena Tipu"