Cara Mudah Mengetahui Apakah TV Anda Digital atau Analog

TV Digital

Cara Mudah Mengetahui Apakah TV Anda Digital atau Analog - Pada era digital saat ini, kita tidak dapat lepas dari teknologi digital yang makin modern. Salah satunya technologi yang sudah mengalami transisi besar yaitu televisi.

Dahulu, tv cuma ada dalam bentuk analog, tetapi saat ini telah berganti ke digital. Sudah pasti, hal ini memunculkan ketidaktahuan untuk beberapa orang yang belum tahu cara membandingkan TV analog atau digital.

Bila Anda pun kebingungan, jangan panik. Artikel ini akan mengulas cara simpel untuk mengetahui apakah TV Anda saat ini masih analog atau telah digital. Silahkan kita baca infonya!

Apa itu TV Digital dan Analog

Saat sebelum membicarakan cara membandingkan TV digital atau analog, sebaiknya kita pahami lebih dulu apa itu TV analog dan digital.

TV analog merupakan teknologi tv yang telah lama ada semenjak tahun 1950-an. Sebelumnya, TV analog memakai gelombang frekwensi untuk mengirim signal tv ke rumah-rumah. Tetapi, sekarang ini TV analog mulai ditinggal dan diganti oleh TV digital.

TV digital adalah teknologi tv yang lebih baru. TV digital mengirim signal televisi berbentuk digital, tidak lagi berbentuk gelombang frekuensi seperti TV analog.

Keuntungan dari TV digital adalah kualitas gambar dan suara yang lebih bagus, dan lebih efektif dalam pemakaian frekuensi.

Cara Mengetahui TV Anda Digital atau Analog

Ada cara-cara simpel untuk mengetahui apakah TV Anda saat ini masih analog atau sudah digital. Baca penuturannya berikut ini:

Cari Tanda "DTV" atau "Digital"

Cara lain untuk mengetahui apakah TV Anda digital atau analog dengan mencari tanda "DTV" atau "Digital ".Pertanda ini umumnya ada pada knop pemindah di bagian belakang TV.

Apabila TV Anda mempunyai knop pemindah, cek apakah ada tanda "DTV" atau "Digital" pada tombol itu. Kalau iya, kemungkinan TV Anda telah memberikan dukungan tayangan digital. Tetapi, kalau tidak ada tandanya , TV Anda mungkin memakai tehnologi analog.

Disamping itu, Anda bisa juga cari tanda "DTV" atau "Digital" di bagian belakang TV. Tandanya ini umumnya ada antara port atau konektor TV. Kalau ada tanda "DTV" atau "Digital", berarti TV Anda memberikan dukungan tayangan digital.

Tetapi, apabila tidak ada tanda "DTV" atau "Digital", Anda dapat cari info selanjutnya mengenai TV Anda secara manual. Pastikan untuk mengecek fitur TV Anda dan cari info mengenai support tayangan digital pada TV tersebut.

Dengan ketahui langkah cari tanda "DTV" atau "Digital", Anda dapat secara mudah mengenali apakah TV Anda telah memberikan dukungan tayangan digital atau saat ini masih memakai teknologi analog.

Kalau nyatanya TV Anda saat ini masih memakai tehnologi analog, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengupgrade TV Anda supaya bisa menikmati keuntungan dari tayangan digital.

Cari Informasi pada Layar TV

Trik lain untuk mengenali apakah TV Anda digital atau analog dengan mencari info pada layar TV. Beberapa TV digital umumnya memperlihatkan informasi mengenai siaran digital pada layar TV.

Kalau TV Anda telah tersambung dengan antena atau sumber signal digital, coba cek adakah info mengenai siaran digital pada layar TV. Data yang ada pada layar TV umumnya meliputi nama saluran, nomor saluran, atau informasi terkait kualitas gambar dan resolusi.

Tetapi, bila Anda tidak mendapati informasi mengenai tayangan digital pada monitor TV, coba untuk cari menu atau setting pada TV Anda. Pada beberapa TV, informasi mengenai siaran digital bisa ditemui dalam menu atau pengaturan TV.

Bila Anda saat ini masih kesusahan mendapatkan info mengenai siaran digital pada TV Anda, Anda dapat cari info selanjutnya di manual lewat internet. Pastikan untuk cari informasi mengenai support siaran digital pada TV Anda.

Dengan mengetahui langkah mencari info pada layar TV, Anda dapat secara mudah ketahui apakah TV Anda telah memberikan dukungan siaran digital atau saat ini masih memakai teknologi analog.

Kalau nyatanya TV Anda saat ini masih memakai teknologi analog, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengupgrade TV Anda supaya bisa menikmati keuntungan dari siaran digital.

Melalui Situs Kominfo

Cara kenali TV digital atau analog sebenarnya tak perlu susah-payah kembali. Anda tinggal masuk ke halaman sertifikasi perangkat, dengan jenjang sebagai berikut:

  • Buka situs kominfo, Selanjutnya tetapkan menu "Perangkat TV Digital"
  • Selanjutnya pada pilihan "Tetapkan Kelompok" tentukan "Tv"
  • Selanjutnya isikan merek tv dan Model/Type-nya
  • Apabila merek tv dan type sebagai TV yang dapat terima siaran TV analog karena itu penjelasannya merek dan tipe bakal ada

Bila tv tidak terdaftar jadi ada informasi, "Mohon maaf, perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat ".

Siaran TV digital dengan penggunaan spektrum frekuensi semakin efisien, karena satu saluran frekuensi dapat menyiarkan delapan atau lebih program siaran melalui infrastruktur penyiaran multipleksing TV digital.

Jika melakukan migrasi ke TV Digital, Indonesia punya frekuensi sisa/dividen digital sejumlah 112 MHz.

Spektrum frekuensi radio yang digunakan untuk TV analog ada di pita 700 MHz yang dimaksud spektrum frekuensi yang baik digunakan untuk servis internet.

Oleh karena itu, seluruh dunia mengimplementasikan teknologi TV digital untuk menghemat penggunaan pita 700 MHz sampai beberapa dapat digunakan untuk servis internet seperti 4G, 5G, dan peralihan teknologi seterusnya.

Di Indonesia hasil penghematan pita 700 MHz akan digunakan untuk proses peringatan awal kebencanaan, servis edukasi dan kesehatan jarak jauh.

Selain persoalan penerimaan sinyal TV analog yang terbatas, dengan migrasi ke TV digital lantaran itu biaya untuk pembangunan infrastruktur penyiaran tv menjadi lebih efektif. Dengan demikian banyak daerah yang saat ini tidak ada siaran TV terestrial dapat dikerjakan pembangunan lebih hemat biaya.

Keuntungan Memakai TV Digital

Seusai mengerti metode membandingkan TV digital atau analog, kemungkinan Anda pun bertanya apa keuntungan memakai TV digital. Berikut sejumlah keuntungan memakai TV digital:

Kualitas Gambar dan Suara yang Lebih Baik

Salah satunya keuntungan memakai TV digital yaitu kualitas gambar dan suara yang lebih bagus dibanding dengan TV analog. Dengan memakai TV digital, Anda bisa menikmati gambar dan suara yang lebih detail dan jernih.

Lebih Efisien dalam Pemakaian Frekuensi

TV digital lebih efisien dalam pemakaian frekuensi dibanding dengan TV analog. Pada sebuah frekuensi yang serupa, TV digital bisa menyiarkan beberapa saluran televisi. Hal ini membuat TV digital lebih irit dalam pemakaian frekuensi.

Support untuk Tayangan HD dan 4K

TV digital memberikan dukungan tayangan tv dengan resolusi tinggi seperti HD dan 4K. Dengan memakai TV digital, Anda bisa menikmati tayangan tv dengan kualitas gambar yang lebih tajam dan baik.

Kesimpulan

Kesimpulannya, ada cara-cara simpel untuk mengenali apakah TV Anda analog atau digital. Satu diantaranya dengan mengecek tombol pemindah, cari tanda "DTV" atau "Digital", mengecek tuner TV, atau cari info pada monitor TV.

Sesudah mengetahui tipe TV Anda, Anda bisa manfaatkan keuntungan dari TV digital seperti kualitas gambar dan suara yang lebih bagus, lebih efisien dalam pemakaian frekuensi, dan support untuk tayangan HD dan 4K.

Dengan memakai TV digital, Anda bisa menikmati pengalaman melihat tv yang lebih memberikan kepuasan dan baik.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mengetahui Apakah TV Anda Digital atau Analog"