Cari Tahu Apa Itu Pop Up: Beserta Fungsi, jenis, dan Cara Membuatnya

Sumber: Freepik

Terkadang, ketika baru mengunjungi sebuah website, anda langsung dihadapkan dengan sebuah gambar yang berisikan informasi pada website tersebut.

Jendela yang muncul tersebut dikenal dengan pop-up. Nah, Sebenarnya apa itu pop-up? dan apa fungsinya sehingga pemilik website memasang pop up tersebut?

Untuk mengetahui lebih jauh, mari sama-sama kita simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Pop UP?

Pop up itu sendiri bisa diartikan sebagai jendela baru untuk memberikan notifikasi pemberitahuan berbentuk visual gambar, video, maupun teks ketika anda mengunjungi website.

Ataupun saat anda menggunakan perangkat komputer dan handphone. Biasanya pada tampilan windows ketika anda ingin mengklik kanan, akan muncul menu pilihan seperti refresh.

Fungsi Pop Up

Pop up bukan hanya sebatas untuk mempercantik tampilan website, namun lebih dari itu. Terdapat beberapa fungsi yang berguna, ketika anda memasang jendela pop up.

1. Sarana Promosi

Jika anda sering mengunjungi marketplace seperti tokopedia, lazada, dan lainnya, biasanya anda akan menemukan sebuah pop up yang ditampilkan pada website tersebut.

Pop up tersebut menjadi bagian sarana promosi pada website. Biasanya berisikan notifikasi pemberitahuan diskon, voucher, dan lain sebagainya agar menarik minat pengunjung untuk melihat informasi tersebut.

2. Pemberitahuan Notifikasi

Pop up juga berfungsi untuk pemberitahuan notifikasi dari perangkat, maupun aplikasi yang terpasang pada komputer atau handphone anda.

Contohnya sewaktu anda mendownload video dari browser google chrome, maka akan ada notifikasi ketika proses download selesai. 

3. Sistem Peringatan

Fungsi lain dari pop up yaitu sebagai sistem peringatan. Dimana ketika terjadi suatu hal yang dapat memberikan efek buruk pada perangkat. Misalkan ketika mencolok flashdisk ke laptop, ternyata aplikasi mendeteksi jika didalam flashdisk tersebut terdapat virus.

Atau ketika sedang browsing. Ternyata kinerja laptop kurang optimal sehingga sewaktu browser dibuka muncul pop up not responding.

4. Menu Pilihan

Terakhir, pop up berfungsi dalam menampilkan menu pilihan ketika menggunakan laptop atau handphone. Misalkan, waktu memakai laptop, dan anda klik kanan, muncul menu pilihan seperti copy, refresh atau send to.

Begitu juga pada saat menggunakan handphone. Jika anda membuka aplikasi, anda dapat tekan lama-lama untuk memunculkan pilihan menu yang anda inginkan.

Jenis-Jenis Pop Up

Pop up dibedakan pada beberapa jenis berdasarkan fungsinya. Namun, umumnya kegunaan pop up sama, yaitu untuk melakukan interaksi antara perangkat dan pengguna.

Berikut beberapa jenis pop up yang dapat anda temukan:

1. Pop Up Menu Pilihan

Jenis pop up menu berguna untuk anda ketika akan atau sedang membuka aplikasi. Contohnya bisa anda lihat pada tampilan windows. Ketika anda klik kanan maka muncul opsi pilihan seperti open, delete, rename, atau properties.

2. Pop Up Aplikasi

Berdasarkan namanya, pop up ini berasal dari aplikasi yang terinstall pada perangkat anda. Misalkan, pada aplikasi whatsApp biasanya muncul jendela pop up chat yang baru masuk.

3. Pop Up Notifikasi

Jenis pop up notifikasi biasanya muncul ketika terjadi pembaharuan informasi sistem. Misalkan, ketika ada pemberitahuan error pada aplikasi yang tidak bisa dibuka.

4. Pop Up Kotak Dialog

Selanjutnya ada jenis pop up kotak dialog. Pop up akan muncul ketika anda akan diberikan pilihan krusial dan mengkonfirmasi pilihan tersebut. Contoh jika anda akan mendelete sebuah file, maka akan mucul pop up "yes" or "no" untuk memastikan anda benar-benar ingin menghapusnya.

5. Pop Up Iklan

Terakhir, ada pop up iklan. Biasanya iklan ini muncul ketika akan mengunjungi website. Isinya dapat berupa pemberitahuan atau ajakan agar anda membeli produk pada website tersebut.

Cara Membuat Pop Up

Setelah mengetahui apa itu pop up, fungsi beserta jenisnya, mungkin sebagian dari anda ingin membuat pop up pada aplikasi yang terpasang pada perangkat.

Nah, bagaimana cara membuat dan mengatur pop up? mari kita lihat sama-sama.

1. Cara Membuat Pop Up di WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan teks, gambar maupun video untuk berinteraksi dengan sesama pengguna. Untuk membuat pop up di whatsapp bisa ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi whatsapp
  • Pada pojok kanan atas klik tiga titik dan pilih settings
  • Pilih notifikasi
  • Lalu pilih lagi pop up notifikasi
  • Lalu anda akan diberikan pilihan bentuk pop up notifikasi

Pilihan notifikasi yang terdapat pada pop up di whatsapp meliputi:

  • Tidak ada pop up
  • Hanya ketika layar "hidup"
  • Hanya ketika layar "mati"
  • Selalu tampilkan pop up

2. Cara Membuat Pop Up di Instagram

Instargram merupakan salah satu platform media sosial yang sudah digandrungi oleh banyak pengguna. Anda dapat membuat notifikasi pop up di Instagram. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Buka halaman profil akun instagram anda
  • Lihat dipojok kanan atas, tekan menu tiga baris
  • pilih pengaturan atau settings
  • Pilih menu notifikasi
  • Pilih jenis notifikasi yang anda ingin aktifkan
  • Pilih on

Itulah berbagai penjelasan mengenai pop up. Jika anda memiliki website, maka anda dapat menampilkan pop up mengenai produk yang anda jual, untuk menarik minat beli pengunjung.

Begitu juga jika anda memiliki sebuah blog. Anda dapat menampilkan jenis iklan pop up pada blog anda. Salah satu jaringan iklan yang memiliki settingan iklan pop up adalah google adsense.

Posting Komentar untuk "Cari Tahu Apa Itu Pop Up: Beserta Fungsi, jenis, dan Cara Membuatnya "